Rabu, 11 Juli 2012

Takut.

Gue takut. Bukan takut hantu atau hal mistis semacamnya. Entah kenapa gue takut menatap masa depan.
Mungkin post ini gak bakal sekacau post sebelumnya. Gue merenung. Ya, bener. Gue merenung, entah kenapa.

Banyak orang bilang masa masa SMA itu masa paling indah.
Ya, gue setuju. Walaupun baru 4 hari gue masuk kelas 12, tapi gue merasa takut.
Takut kehilangan masa senang senang.
Takut kehilangan teman teman.
Takut kehilangan sohib sohib yang gagal gaul.
Takut kehilangan guru yang walau kadang bikin gue emosi sendiri tapi setia ngajarin gue.
Takut kehilangan kebodohan yang entah kenapa sering banget gue alami.

Kata orang, kalo kelas 3 udah gabisa main main.
Sekolah tinggal beberapa bulan, semester genap harus udah fokus ke UN.
Bener. Itu artinya gue mesti belajar pelajaran dari awal gue SMA. Dari kelas X.

Gue ingat, pas kelas X, kalo sekolah gue pasti ga beres. Awal awal aja rajin, catatan lengkap.
Masuk pertengahan semester, buku cetak berhilangan, kalo guru menerangkan gue sering tidur atau main main. Catatan? Jangan kan lengkap, bawa aja kadang gue juga lupa.
Sering masa bodoh sama pelajaran terutama pelajaran IPA. Dulu, karena guru IPA gue semuanya guru muda, gue anggap remeh semua pelajaran IPA. Karena gak bakal ditegor, kalo ditegor pun gue paling cengar cengir doang atau nyalin kerjaan teman secepat kilat. Belum lagi gue bergaul sama sohib2 kelas X yang gak kalah gilanya. Gila ketemu gila ya ancur. Sebelum les pasti warnet dulu, kadang main PS dirumah temen didekat les. Tapi dulu gue ga peduli. Dalam pikiran ah bodo amat masih kelas satu juga, masih lama kok SMA itu...

Masuk kelas XI, gue mulai nyadar. Ternyata pelajaran gabisa sekejap aja langsung ngerti. Mesti ngerti dari dasar. Karena gue dasar nya aja juga ga ngerti, jadilah gue di kelas 2 ini tertatih tatih kalo belajar. Ditambah lagi dengan beban gue sebagai ketua kelas. Entah berapa kali gue keluar pas pelajaran IPA untuk ngurus ini itu. Gue mau coba tobat, ternyata ga bisa. Gue mau, tapi gue ga mampu. Disini gue udah mulai merasa takut. Takut ga lulus UN, takut ga lulus SNMPTN. Gue pun mencari cara biar bisa  ngerti. Akhirnya gue masuk bimbel lagi. Bimbel yang sama kaya pas gue kelas X. Tapi bedanya gue udah buat niat.
Niat buat ga main main.
Niat buat serius.
Tapi ternyata, godaan lebih susah dilawan daripada ngelawan Ruhut Sitompul berdebat.
Susah. Bener.
Sering gue udah datang les, niat mau benar benar serius, eh temen satu ruangan gue pada berisik. Mirisnya, itu seringnya teman kelas satu gue dulu. Ada satu dua orang yang menurut gue pribadi emang gabisa serius. Ngeganggu terus. Kalo dia baca dan dia merasa post ini kena ke dia, semoga dia sadar deh.

Singkat cerita, naik lah gue dari kelas XI ke kelas XII. Gue mulai terpikir kemasa depan. Gue pengen masuk Fakultas Teknik Informatika ITB. Menurut kakak sepupu gue itu termasuk fakultas yang banyak peminatnya. Gue memiliki ketertarikan terhadap teknologi terutama komputer. Tapi gue ga mau ngambil teknik komputer karena gue ga suka ribet ribet ngurus sistemnya, apalagi buka dalam dalamnya. Gue lebih suka urusan programming, atau apapun yg bisa dilakukan SETELAH keperluan komputernya selesai atau komputernya bisa hidup. Design nya kek, HTML, C++, atau semacamnya. Emang pengetahuan gue terhadap bahasa programming itu sekarang masih minim, tapi gue yakin gue bisa ngembanginnya saat di Universitas.

Sekarang gue disini, masih merenung. Selasa lalu gue ga datang sekolah karena nyokap gue di opname. Pas gue ga datang itu ternyata guru kimia udah ngasih materi dan ngasih PR. Gue langsung merasa takut, tapi kesal juga. Hari pertama materi aja gue ga ikut. Gue juga pengen nyalahkan guru bersangkutan. Itu masih hari masuk ke 2, siswa kelas 1 masih MOS dan banyak siswa belum masuk. Sekolah juga belum belajar efektif. Tapi dia tega ngasih tugas. Gue cuman bisa misuh misuh sambil pasrah besok dia ga ada ngajar di kelas gue. Ya, gue belum tau dia ngajar atau engga di kelas gue, wong roster tetap aja belum keluar. Eh dia udah ngasih tugas.

Kelas XII, bukunya tebal tebal. Amat sangat sangat sangat tebal. Buset deh. LKS aja sampe 200an halaman. Aji gile bisa mati gue kalo disuruh ngerjain itu sendirian. Belum lagi buku cetaknya yang tebalnya ngelebihi tebal Kamus Lengkap Bahasa Inggris Indonesia 100 Juta kata karangan penulis random yang sampulnya bikin mata silau. Harganya juga bikin gue silau. Belum lagi uang sekolah dan uang bimbel yang harganya kalo dikumpulkan dari satu sekolah udah bisa ngebeli negara kecil di Afrika sana.

Gue ngerasa beban orang tua gue makin besar. Belum lagi adek gue yang sekarang juga kelas 6. Saat gue nanti UN untuk tamat SMA, dia UN untuk tamat SD. Dia mau masuk SMP, gue lagi nyoba masuk Universitas. Ga bisa gue bayangkan berapa besar biaya yang mesti dikeluarkan kedua orang tua gue nanti. Gue ga pengen bikin mereka kecewa. Gue ga pengen bikin mereka lebih menderita lagi. Gue mau ngebanggain mereka.

Gue liat website Prom Nite 54 sekolah gue. Disitu ada foto foto prom nite kakak kakak kelas gue. Disitu mereka kelihatan gembira semua. Terlihat jelas kegembiraan diwajah mereka dan guru guru yang datang. Mereka udah lulus UN. Beban SMA mereka udah selesai, walau nanti mereka harus berjuang lagi untuk test SNMPTN. Tahun depan, katanya SNMPTN tulis mau di hapus. Meski itu masih wacana, tapi kemungkinan besar pasti akan terlaksana. Dari yang gue dengar, katanya kalo mau masuk PTN yang dinilai adalah nilai semester di sekolahnya dan nilai UN nya juga. Itu berarti gue harus serius di kelas XII ini. Gue udah punya tekad, tapi belum punya kemampuan. Itulah kenapa gue mesti serius belajar kedepannya,

Dikelas XII ini gue pengen berubah.
Pengen jadi pribadi yang lebih baik.
Lebih bertanggung jawab. Baik terhadap diri sendiri, guru, maupun orang tua.
Gue berniat merubah cara belajar gue. Kalo dulu di bimbel ga pernah serius, gue pengen gue bisa serius.
Gue pengen membahagiakan orang tua gue. Gue udah merasa cukup merepotkan mereka sampai sekarang.
Gue pengen gue berhasil masuk PTN Idaman gue dengan jalur termurah. Bukan cuma demi gengsinya, tapi demi membantu orang tua gue, juga demi masa depan gue.
Gue mau semua keinginan gue tadi bukan hanya sebatas keinginan. Tapi sebagai "Goal" gue yang menjadi Motivasi untuk kedepannya. Gue manusia yang ga sempurna. Pasti suatu hari gue lupa sama tekad ini. Makanya gue tulis ini di blog gue.
Sebagai pengingat gue, bahwa masa depan itu bisa diwujudkan. Jangan hanya takut, tapi berusaha. Gue berdoa semoga gue bisa meraih masa depan yang cerah. Dan juga untuk kalian yang baca post ini. Entah apa yang merasuki gue sampe gue nulis tulisan ini, tapi gue berharap semoga tulisan ini benar benar meresap ke hati gue biar gue bisa serius kedepannya. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar